Sejarah Politani Pangkep


Politeknik Pertanian Negeri Pangkep (Politani Pangkep) terletak di Kecamatan Mandalle, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Kampus Politani Pangkep berjarak sekitar 83 km dari Kota Makassar yang merupakan Ibukota Propinsi Sulawesi Selatan. Sebelah timur dari lokasi kampus terdapat pegunungan dan daerah pemukiman penduduk sedangkan di sebelah barat berbatasan langsung dengan Selat Makassar. Selain lokasinya yang bernuansa pegunungan dan pantai, lokasi kampus juga berbatasan dengan Kabupaten Barru, yang telah ditetapkan pemerintah sebagai pusat pengembangan udang nasional.

Politeknik Pertanian Negeri Pangkep (Politani Pangkep) merupakan institusi yang menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi jenjang D III dan D IV di Sulawesi Selatan yang menghasilkan tenaga ahli madya dan tenaga ahli dalam bidang perikanan dan pertanian.

Politani didirikan sejak tahun 1984. Pada awal pendiriannya, Politani masih merupakan bagian dari Universitas Hasanuddin (UNHAS). Namun berdasarkan SK Mendikbud Tahun 1997, Politani resmi mandiri dengan nama Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene dan Kepulauan, dan saat ini mengelola 5 Program Studi antara lain Budidaya Perikanan, Penangkapan Ikan, Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan, Budidaya Tanaman Perkebunan, Agribisnis Perikanan dan Agroindustri jengjang D-IV.

Dirintis sejak tahun 1984 bersama dengan 5 (lima) Politeknik lainnya di seluruh Indonesia. Politeknik Pertanian Negeri Pangkep, awal pendiriannya masih merupakan bagian dari Universitas Hasanuddin berdasarkan Surat Keputusan Mendiknas Nomor : 0124/U/1987, dengan nama Politeknik Pertanian UNHAS, dan terdiri atas dua Program studi, yaitu Program studi Budidaya Perikanan dan Program studi Teknologi Penangkapan Ikan. Pada tahun 1997, suatu tonggak sejarah baru dalam perjalanan Politeknik Pertanian UNHAS dicapai dengan adanya Surat Keputusan Mendikbud Nomor : 083/O/1997 yang menetapkan kemandirian Politeknik Pertanian UNHAS untuk tidak lagi berada di bawah naungan universitas, tetapi berdiri sendiri sebagai sebuah institusi setingkat perguruan tinggi. Pada tanggal 26 Juni 1998, Politeknik Pertanian UNHAS secara resmi berdiri sendiri dan berganti nama menjadi Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan.

Politeknik Pertanian Negeri Pangkep,  dipimpin oleh sejumlah Direktur yaitu :
Dr. Ir. Mas’ud Sikong, M.Sc periode tahun 1989 - 1994
Prof. Dr. Ir. Achmar Mallawa, DEA periode tahun 1994 - 1998
Ir. Zainal Abidin Musa periode tahun 1998 - 2006
Dr. Ir. Jayadi,MP , periode tahun 2006 - 2010
Prof. Dr. Mursalim, M.Sc 2010 - 2012
Ir. Andi Asdar Jaya, M.Si 2012 - 2016 

0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar pada postingan diatas..Ingat!

1. Gunakanlah kata-kata yang baik & tidak menyinggung.
2. No Sara ! No Spam !
3. No limits