Belajar Microsoft Visual Basic Bag.1




Microsoft Visual Basic adalah merupakan bahasa- pemrograman yang cukup populer dan mudah untuk dipelajari. Anda dapat membuat program dengan aplikasi GUI (Graphical User Interface) atau program yang memungkinkan pemakai komputer berkomunikasi dengan komputer tersebut dengan menggunakan modus grafik atau gambar.
Microsoft Visual Basic menyediakan fasilitas yang memungkinkan anda untuk menyusun sebuah program dengan memasang objek-objek grafis dalam sebuah form.

Adapun komponen-komponen Visual Basic adalah sebagai berikut: 

1. Title Bar, merupakan batang judul dari program Visual Basic yang terletak pada bagian paling atas dari jendela program yang berfungsi untuk menampilkan judul atau Nama jendela. Title bar juga berfungsi untuk memindahkan posisi jendela dengan menggunakan proses drag dan drop pada posisi title bar tersebut serta mengatur ukuran jendela dan ukuran maximize ke ukuran restore ataupun sebaliknya dengan melakukan klik ganda pada posisi title bar tersebut.
2. Menu Bar, merupakan batang menu yang terletak dibawah title bar yang berfungsi untuk menampilkan pilihan menu atau perintah untuk mengoperasikan program Visual Basic. Adapun menu utama yang ditampilkan pada menu bar adalah File, Edit, View, Project, Format, Debug, Run, Query, Diagram, Tools, Add-Ins, Windows dan Help.
3. Toolbar, merupakan suatu batang yang berisi kumpulan tombol yang terletak dibawah menu bar yang dapat digunakan untuk menjalankan suatu perintah. Pada kondisi default toolbar yang ditampilkan adalah toolbar Standard. Anda juga dapat menampilkan toolbar yang lain dengan cara meng-klik kanan pada area toolbar dan pilih salah satu nama toolbar dari empat pilihan yang tersedia yaitu, Debug, Edit, Form Editor dan Standard. 
4. Toolbox, merupakan kotak perangkat yang berisi kumpulan tombol objek atau kontrol untuk mengatur desain dari aplikasi yang akan dibuat. Pada kondisi default, toolbox menampilkan tabulasi General dengan 21 tombol kontrol yang dapat digunakan untuk merancang aplikasi. 
5. Project, merupakan suatu kumpulan modul atau merupakan program aplikasi itu sendiri. Komponen yang terdapat pada sebuah project dapat ditampilkan pada jendela Project Explorer, dimana akan ditampilkan hirarki dari sebuah project itu sendiri yang berisi semua item yang terkandung di dalamnya.
6. Properties  Window,  merupakan sebuah jendela yang digunakan untuk menampung nama properti dari kontrol yang terpilih. Pengaturan properti pada program Visual Basic merupakan hal yang sangat penting untuk membedakan objek yang satu dengan yang lainnya. 
7. Form Layout Window, merupakan sebuah jendela yang digunakan untuk mengatur posisi dari form pada saat form dijalankan. 
8. Form Window, merupakan jendela desain dari sebuah program aplikasi. Anda dapat mendesain sebuah program aplikasi dengan menempatkan kontrol-kontrol yang ada pada toolbox pada area form. 
9. Code Window, merupakan sebuah jendela yang digunakan untuk menuliskan kode program dari kontrol yang anda pasang pada jendela form dengan Cara rnemilih terlebih dahulu kontrol tersebut pada kotak objek. 
10. Event, merupakan kejadian yang akan diterima oleh suatu objek. Event yang diterima oleh objek berfungsi untuk menjalankan kode program yang ada di dalam objek tersebut.
11. Method, adalah sekumpulan perintah yang memiliki kegunaan yang hampir sama dengan suatu fungsi atau prosedur, tetapi perintah-perintah tersebut sudah disediakan dalam suatu objek. 
12. Module, adalah komponen project yang berisi kode program atau prosedur yang dapat digunakan oleh program aplikasi.

0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar pada postingan diatas..Ingat!

1. Gunakanlah kata-kata yang baik & tidak menyinggung.
2. No Sara ! No Spam !
3. No limits